Selasa, 28 Mei 2013

Last day in Virologi & Bakteriologi ^^

Hallo blogger...
fuh,,akhirnya terlewati juga 12 hari di lab diagnostik bagian virologi dan bakteriologi.
senangnya hari ini terlewati.... ^^
and you know whaat???????!!!!!
tadi malam gw begadang semalaman n baru tidur jam 5 pagi, sementara jam 8 gw udah harus ada dikampus karena kunci lab ada di gw T.T
nasiiblaah nasib... :|
ga bisa bangun siang :(

jadi gini,
kami di lab ini kan terbagi menjadi bagian virologi dan bakteriologi.
nah, dari cerita2 gw kemarin itu kan gw pernah crita disuruh cari sampel sampel ke tempat antah berantah ituu yaitu di  daerah citaringgul dan ragunan..
akhirnya kan ketemu satu kasus menarik untuk dibahas dibagian virologi yaitu sampel bebek yang suspect AI.
nah, kebetulan dosen gw ini baru pertama megang atau membimbing anak koas karena beliau baru selesai kuliah diluar..jadi masih semangat-semangatnya dan berjiwa muda... :D
jadilah utk mengindentifikasi virus yang menyebabkan kematian tinggi pada bebek itu kami lakukan tahapan demi tahapan yang runut..

Dimulai dari pengujian sederhana seperti Haemaglutination (HA) dan Haemagglutination Inhibition (HI) suatu metode yang standar utk pengujian virus AI, dilanjutkan dengan penanaman / inokulasi suspensi virus ke telur embrio tertunas (TET) lalu dipanen cairan alantoisnya dan di cek rapid tes lalu dilanjutkan dgn teknik PCR. WOW banget kan dosen pembimbing kami, hehe boleh mengizinkan kami menggunakan alat PCR yang tentu saja ga murah dan juga izin utk akses ga mudah..

Akhirnya kami melakukan semua tahapan itu satu persatu...mulai dari mengambil sampel, mempersiapkan sampel, membuat sediaan RBC 100%, 50%, 5 % dan 1%, lalu semua serum dari bebek yg diduga AI di uji tantang dengan antigen dari 3 tempat dan juga terhadap vaksin tertentu..selanjutnya diukur titer antibodi terhadap antigen tersebut.. lalu diinokulasi ke TET tadi, lalu dipanen deh...cairan alantoisnya diuji cepat dgn uji aglutinasi utk mengetahui apakah mengandung virus yg dapat mengaglutinasi RBC..lalu diambil cairan alantoisnya utk di analisis dengan PCR.
Tahapan demi tahapan itu kelihatannya simpel,..
memang kalau dijalani sih asik n melekat banget di otak...karena smuanya menarik dan wow banget ternyata alat2 di kampus gw lengkap jg yaa hahaha slama ini ga pernah diliatin ke mahasiswa wkwkwkwk

Tapi bayangin dong,,untuk melakukan mikrotitrasi aja kudu antri karena pipet mikronya cuman 1..jadi utk melakukan metode HI aja butuh seharian sampe malem trus baliknya...begituu aja terus hampir setiap hari,,mana tiap orang kan menguji 3antigen+1vaksin trus melakukan inokulasi 2TET trus dilanjutkan pengujian2 lain..
beughhh rancakk bana deh hehehe asik karena smuanya kita jalani bareng2, jadi gw ga takut ketinggalan hahaha
pokoknya seru kok,,seru banget..!!! :D

Sebenarnya gw itu......
gw akuin gw begok banget di bagian ini,
apalah ituu arti titer, titrasi, antigen, antibodi, mikrotiter, serum, darah, aglutinasi, reaksi antigen-antibodi, dan blablablaa..
minggu2 pertama gw begok parah, yg lain ngemeng2 aing cuman dengerin aja,,huks,,dalam hati ingin menangis....dimana teman2 begajulan gw dulu huks :(
tp, whatever..apapun itu harus dilewatin dongg,,ya gak?? :D
akhirnya tiap malam gw bedoa,,mohon diberi kemudahan dan kesabaran dalam menjalani smuanya..
dan seee?? smuanya berjalan baik-baik saja, dan gw bisa melewati 2minggu disini dengan bekal ilmu yang banyak sampe2 kepala gw menguap ahaha..

balik ke laporan yg bikin gw tidak tidur semalaman,
jd bayangkan laporan itu yg berisi tahapan-tahapan tadi,,,dibuat perorangan cobaaa???!!
gila kan,,dan lo tau? dari cover,pendahuluan, sampe metode aja udah 20 halaman men...!!
dan gak cuman membahas tentang AI aja,,tp juga tentang penyakit IB (Infeksius Bronkhitis) karena sampel kami jg ada yang menguji penyakit itu..dobellah kerjaan..
mana gw ga ngerjain ttg IB, krn gw kebagian ttg AI, tapi yah gw tetep harus ngerjain dong...
walhasil sepanjang malam gw search,baca, dan tulis ulang smua informasi yang gw peroleh dari jurnal dengan kata2 gw sendiri..dan jujur, itu ga mudah sob! seperti lu mengarang lewat contoh tapi lu ga boleh sama dgn contoh itu...lu hanya boleh mengambil intisari nya aja..
and finally, thx Godlah,..kelar jg laporan gw.. \^,^/
malam ini gw mau tidur sepuasnya hahaha..

have a nice day guys!!!
this our memory, check it guys! :)

Bersama dosen pembimbing bakteriologi  ^^

Terimakasih Ibu.... :)

Bersama dosen pembimbing virologi

Thanks berat bu :)
Dibelakang kampussssss..... :D
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar